Kehadiran ponsel pintar tidak hanya memfasilitasi komunikasi, tetapi juga membuat banyak pekerjaan lebih praktis. Misalnya, buat blog di WordPress.com. Meskipun dapat diakses melalui smartphone, sekarang lebih dari aplikasi WordPress resmi yang dapat diakses dari smartphone Android.

Bahkan membuat blog di smartphone Android jauh lebih sederhana dan lebih cepat dari desktop. Ayo, ayo buktikan!

Pertama, unduh dan instal aplikasi WordPress di Play Store. Setelah terbuka, klik tombol Sign up for WordPress.com.

Masih di panel yang sama, klik tombol “Sign up with Google”. Tetapi jika Anda cukup nyaman dengan cara yang berbeda, Anda juga dapat memilih tombol Daftar menggunakan email Sign up with Email..

Jika ada banyak email di Gmail di ponsel cerdas Anda, pilih satu. Kemudian isi nama dan nama pengguna.

Pada titik ini, akun Anda telah dibuat. Sekarang saatnya membuat blog WordPress, cukup tambahkan tombol “Add New Site“.

Kemudian Pilih Create WordPress.com Site

Pilih salah satu topik blog yang Anda inginkan.

Pada langkah ini bisa Skip saja.

Kemudian isi judul dan tag blog, buat sederhana saja karena bisa diubah nanti ketika blog sudah siap.

Sekarang, pilih URL blog Anda. Jika tersedia, akan muncul di bagian atas dari berbagai rekomendasi yang diberikan. Jika tidak tersedia, sistem akan memberikan rekomendasi lain yang mendekati.

Selesai, blog wordpress Anda siap dan bisa langsung digunakan.

Seperti inilah tampilan dashboard blog Anda. Ada banyak menu yang bisa Anda pelajari. Untuk menulis terlebih dahulu, klik Blog Posts.

Ini adalah tulisan pertama yang dilakukan oleh sistem, Anda bisa menghapusnya dan membuat tulisan baru. Atau bisa juga diedit dan diterbitkan lagi.

Beberapa hal penting sebelum membuat blog

Sebelum mendaftarkan blog, ada banyak hal penting yang perlu diingat, agar tujuan membuat blog terpenuhi.

  • Lihat, apa yang ingin Anda tulis. Pastikan nama blog terkait dengan konten.
  • Semakin pendek nama blog, semakin baik. Karena nama alamat blog yang pendek akan mudah diingat. Namun tentu saja harus disertai dengan pilihan nama yang akrab bagi orang lain.
    Jika Anda tidak memiliki ide, Anda dapat menggunakan kata kunci untuk tema utama. Misalnya, Anda ingin blog tentang bisnis. Anda dapat menggunakan nama, pekerjaan, usaha kecil, kiat bisnis, artikel bisnis, blog bisnis, dll.
  • Hati-hati, jangan melanggar hak cipta. Pastikan blog Anda tidak mengandung nama merek lain atau hak cipta untuk orang lain, yang biasanya akan mengganggu di lain waktu.

Semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : https://www.jualanbarang.com/blog/seo-blogging/tutorial-membuat-blog-gratis-di-wordpress-com-dengan-ponsel-cerdas-anda/

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?