Pemikiran Bob Sadino yang bijaksana sering memengaruhi banyak orang di dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pikiran-pikiran yang berada out of the box dan sering terdengar lelah seringkali tidak dapat diterima oleh orang awam.

Seperti kita ketahui, Bob Sadino (alm) adalah salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Dia terkenal ketika bisnis telur dalam negeri mengalami pertumbuhan yang cepat di Indonesia. Bob Sadino memiliki banyak bisnis, termasuk bisnis bahan makanan olahan, bisnis sayuran dengan sistem hidroponik, bisnis agen perjalanan, hingga bisnis supermarket.

Tetapi semua keberhasilan bisnisnya tidak terjadi begitu saja. Bahkan, ia terkadang mengalami kejatuhan dalam menjalankan bisnisnya. Menurut Bob Sadino, pemikirannya sampai sekarang adalah apa yang menyebabkan dia naik ke kemiskinan dan berhasil melakukan bisnis.

Berikut ini 5 sikap gila Bob Sadino yang mungkin memotivasi Anda untuk sukses di masa depan:

1. Jangan Terlalu Banyak Berencana, Karena Rencana Adalah Bencana.

Pemikiran ini tentu bertentangan dengan kebanyakan pebisnis yang biasanya ingin melakukan perencanaan yang cermat. Menurut Bob Sadino, melakukan perencanaan dengan hati-hati adalah bencana.

Dia menulis dalam sebuah buku berjudul “Mereka Katakan Saya Gila”, dalam buku itu Bob Sadino mengatakan bahwa rencana itu hanya berlaku untuk seseorang yang mempelajari ilmu pengetahuan. Dalam dunia bisnis tidak seperti yang lain, bisnis mungkin tidak semudah yang direncanakan.

Selain itu, Bob Sadino juga menyebutkan bahwa kinerjanya dalam bisnis peternakan unggas bisa saja berhasil bukan karena rencananya.

2. Pemikiran Bob Sadino “Cari Kerugian dan Kerugian”.

Tentu saja, semua orang tidak mau menerima kegagalan atau kerugian, dan tentu saja berusaha menghindarinya. Tetapi tidak seperti Bob Sadino, ia menyarankan menemukan kegagalan dan kehilangan.

Dalam sebuah buku berjudul “Belajar Goblok oleh Bob Sadino”, ia menjelaskan bahwa sebagian besar pengusaha berpikir secara berurutan: jika mereka ingin melakukan bisnis, mereka harus dapat meraih sukses. Faktanya adalah, ketika menjalankan bisnis, bisnis sering mengalami kerugian dan kegagalan.

Itulah sebabnya dia mengusulkan untuk mencari kegagalan dan kehilangan. Bagi Bob Sadino, kesuksesan bisnis adalah puncak dari banyak kegagalan yang dialami.

3. Jangan Kebanyakan Analisis.

Mirip dengan poin nomor 1 “Rencana Adalah Bencana”, menurut Bob Sadino, tidak perlu melakukan banyak analisis jika anda ingin berhasil. Alasannya adalah bahwa orang yang sering melakukan tinjauan sebenarnya berfokus pada hal-hal negatif.

Studi ini menyarankan salah satu hal terburuk yang dapat terjadi pada bisnis. Ini kemudian akan membuatnya sulit untuk memindahkan orang tersebut. Menurut Bob Sadino, yang terbaik adalah segera mengambil tindakan dan memulai bisnis anda, dan mencetak pendapatan setiap bulan.

4. Orang Bodoh Menjadi Bos.

Ini adalah pemikiran gila Bob Sadino yang mungkin tidak masuk akal bagi kebanyakan orang. Anda mungkin tahu salah satu kata unik Bob Sadino, “Tidak peduli seberapa tinggi peringkat Anda, Anda tetap seorang karyawan. Tidak peduli seberapa kecil bisnis Anda, Anda adalah bosnya.”

Hal ini diduga mendorong keputusan Bob Sadino untuk kembali ke kampung halamannya setelah menjadi karyawan lama di Amsterdam dan Hamburg. Orang-orang yang dianggap bodoh harus melakukan bisnis mereka sendiri karena mereka terus-menerus ditolak oleh berbagai jenis pekerjaan.

Namun, untuk menumbuhkan bisnis mereka, tentu orang yang dianggap bodoh membutuhkan orang pintar untuk membantu mereka. Ini sangat kontras dengan apa yang terjadi pada Jack Ma, yang berulang kali menolak pekerja karena dia dianggap tidak kompeten, bahkan dia akhirnya berhasil menjadi pengusaha dan mengembangkan Alibaba.com.

5. Menjadi Peka Berkat Jalanan.

Selama bertahun-tahun Bob Sadino “hidup di jalanan” dan melihat hal-hal yang berkaitan dengan dunia bisnis. Ini membuatnya lebih peka melihat berbagai peluang bisnis di sekitarnya.

Menurut Bob Sadino, sejarah pendidikan seseorang bukanlah sesuatu yang harus dimuliakan. Menurutnya, individu yang cerdas seringkali hanya berbicara tanpa melakukan apa yang mereka katakan, terutama di dunia wirausaha.

Meskipun Bob Sadino meninggal, ada banyak pelajaran dan inspirasi yang dapat kita tarik dari sosok nyentrik ini. Dan tentu saja Bob Sadino akan terus diingat tidak hanya karena keberhasilannya dalam berbisnis, tetapi juga karena pemikirannya yang out of the box. Semoga untuk terinspirasi.

Sumber Artikel : https://www.jualanbarang.com/blog/sosok/5-pemikiran-yang-dilakukan-oleh-bob-sadino-yang-dapat-memotivasi-anda-untuk-sukses/

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?