Biota-laut-pengertian-jenis-manfaat-fungsi-contoh

Biota laut: pengertian, jenis, manfaat, fungsi, contoh

Pengertian biota laut
Baca cepat Buka

Biota laut adalah berbagai macam makhluk hidup yang terdapat di lautan, baik hewan maupun tumbuhan serta terumbu karang. Secara umum biota laut terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu plankton, nekton dan benthos. klasifikasi tidak ada hubungannya dengan kelompok ilmiah, ukuran, hewan atau tumbuhan, tetapi menurut kelangsungan hidup umum seperti berjalan, pola hidup dan penyebaran karena ekologi.
Jenis biota laut

Berikut 3 jenis biota laut, yaitu sebagai berikut:


Planktonik

Planktonik adalah jenis biota laut yang berenang dan berenang mengikuti arus. Biota laut ini tidak dapat berenang melawan arus karena ketergantungannya. Ada 2 jenis bagian planktonik antara lain:

Zooplankton

Zooplankton adalah jenis makhluk hidup yang hidup terutama di laut, danau dan sungai permukaan dengan bentuk tubuh sekitar ± 0,05 mm. Zooplankton adalah sekelompok makhluk hidup termasuk protozoa kecil dan metazoa besar. Jenis-jenis zooplankton tidak merata karena terletak secara acak di wilayah laut. Asal makanan dari zooplankton berupa fitoplankton.

Fitoplankton

Fitoplankton adalah sejenis makhluk mikroskopis yang hidup di daerah eufotik laut dan mensintesis makanannya sendiri berupa biji organik yang terbuat dari biji anorganik dengan bantuan sinar matahari.
Baca lebih lanjut: Desain adalah

bentik

Benthic adalah jenis biota laut yang hidup di dasar laut dan biasanya terdiri dari tumbuhan merambat. Berikut biota laut yang tergolong tumbuhan merambat, yaitu:

Penuh kasih sayang, seperti spons, teritip, dan tiram
Merayap seperti kepiting dan kepiting
Menggali seperti cacing dan kerang

Sumber makanan bagi organisme bentik adalah alga dan limpasan organik dari tanah. Kondisi suhu, salinitas, kedalaman air dan jenis substrat teritorial sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk bentik.


Nektonik

Nektonik adalah jenis makhluk yang merupakan perenang aktif di daerah perairan, baik air tawar maupun air laut. Nekton dianggap sebagai predator terbaik di sebagian besar rantai makanan laut. Dengan 16.000 spesies, ikan adalah spesies nekton yang paling umum.

Nekton merupakan predator plankton yang memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia seperti meningkatkan pola makan dan meningkatkan perekonomian.
Manfaat biota laut

Berikut beberapa manfaat biota laut bagi manusia, yaitu sebagai berikut:

Dapat menjadi sumber obat-obatan
Bisa menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat
Bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, seperti diving dan snorkeling
Kita dapat mengkonsumsi iklan dan ganggang dan akan meningkatkan diet
Efisien agar ekologis dan ekonomis

Fungsi biota laut

Fungsi biota laut adalah untuk mengembangkan semua makhluk hidup di laut. Biota merupakan kumpulan makhluk hidup yang sejenis, biota laut juga berfungsi sebagai pengembangan pariwisata dan lingkungan. Ikan dan alga bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung nutrisi, terumbu karang bermanfaat bagi ekologi dan ekonomi.
Bagaimana cara melindungi biota laut

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa terdapat berbagai jenis biota laut yang dapat menunjang kehidupan yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Namun kini, berbagai peristiwa yang meneror kelestarian biota laut ini, yaitu pemusnahan massal yang terjadi pada biota laut.
Baca lebih lanjut: rahim adalah

Hal ini sering diakibatkan oleh beberapa faktor seperti campuran suhu tinggi, pengasaman, kekurangan oksigen, dan aktivitas manusia seperti menjebak dan mengebom terumbu karang. Lalu bagaimana cara kita melindungi biota laut agar tetap lestari yaitu:

Menanam dan memelihara hutan mangrove di pesisir pantai
Pembatasan pengumpulan terumbu karang sebagai habitat biota laut
Pembatasan penggunaan bahan peledak dalam penangkapan ikan
Jangan sembarangan membuang sampah atau limbah industri ke laut

Contoh biota laut

Kehidupan laut adalah setiap makhluk yang berkembang biak di laut. Biota laut di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang kaya, termasuk terumbu karang, ikan dan tumbuhan laut, kuda laut, bintang laut, teripang, dll, yang merupakan bagian dari ekosistem laut. Salah satunya adalah terumbu karang di Taman Nasional Bunaken, terdapat banyak spesies. Terumbu karang ini hidup di pantai atau di daerah yang terkena sinar matahari dan hidup di perairan yang tingginya sekitar 50 meter di atas permukaan laut, dengan suhu tertentu dan di perairan yang jernih tidak terkena polusi.

Lihat Juga :

https://mandiriecash.co.id/
https://allenstanford.id/
https://nusanews.id/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://beautynesiablog.id/
https://www.sudoway.id/

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *