Cara Screenshot di Laptop Windows dan MacBook

Cara Screenshot di Laptop Windows dan MacBook

Tangkapan layar mungkin bukan hal baru bagi pengguna yang sering menggunakan laptop atau komputer. Screenshot atau SS dibuat untuk berbagai keperluan.

Tangkapan layar adalah gambar dari tangkapan layar yang digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, salah satu persyaratan paling umum adalah menyalin dan berbagi materi presentasi atau hanya dengan orang lain melalui jejaring sosial atau ruang obrolan.

Fitur tangkapan layar sudah ada di sistem operasi laptop dan PC standar, tetapi ada juga berbagai jenis aplikasi tangkapan layar pihak ketiga yang tersedia untuk unduhan gratis atau berbayar.

Masalahnya, mengambil screenshot di laptop dan komputer tidak semudah di layar smartphone, jadi tidak semua orang tahu cara mengambil screenshot. Sebenarnya cukup mudah, namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengambil screenshot di laptop.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda berbagai cara untuk mengambil tangkapan layar sederhana di laptop dan PC Anda dalam waktu kurang dari 5 menit.

Simak juga di : lkbh-fhui.id

Cara mengambil screenshot di laptop dan PC

Semua laptop Windows dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 hingga Windows 10 memiliki metode screenshot default yang sama.

Namun, setiap sistem operasi Windows memiliki metode berbeda yang tidak dapat digunakan oleh sistem operasi lain. Cara mengambil tangkapan layar di laptop Windows.

Screenshot laptop menggunakan PrintScreen. tombol

Salah satu cara termudah untuk mengambil screenshot di laptop satu tombol adalah dengan menekan tombol PrintScreen (prt sc). Detail adalah langkah-langkah untuk mengambil tangkapan layar dengan satu tombol. Langkah pertama siapkan tampilan layar yang akan dijadikan screenshot.

Kemudian tekan tombol “Prt Sc” pada keyboard Anda. Tombol ini biasanya terletak di bagian atas keyboard laptop dan dalam banyak kasus di sudut kanan atas.

Kemudian buka aplikasi bawaan Windows “Paint” dan klik menu “Insert” atau tekan “Ctrl+V”. Anda juga dapat melakukan ini dengan mengklik kanan atau alas mouse dan memilih Tempel.

Screenshot layar laptop atau komputer Anda langsung ditampilkan dalam warna dan dapat disimpan dengan memilih File > Save As > JPEG. Selain format JPEG, Anda juga dapat memilih format gambar lain seperti PNG jika diperlukan.

Selain Paint, Anda juga bisa menggunakan aplikasi screen capture laptop lain seperti Microsoft Word untuk melihat hasil screen capture.

Satu hal yang perlu diperhatikan tentang metode ss laptop ini adalah tidak semua laptop bisa menjalankan screenshot di atas. Karena beberapa perlu menggabungkan kunci Prt Sc dengan kunci lain. Telah dikutip dari kampungcourse.id

Gunakan tombol Windows + Prt Sc

Cara screenshot laptop ini berlaku untuk Windows XP dan sudah tidak update lagi, namun cara ini masih bisa digunakan di Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10.

Untuk mengambil tangkapan layar di laptop Windows:

  • Tekan secara bersamaan logo Windows + Print Screen (Prt Sc) pada keyboard komputer Anda.
  • Setelah itu, layar laptop atau komputer Anda akan berkedip sebentar, menandakan bahwa proses screenshot sudah selesai.
  • Ini akan secara otomatis menyimpan tangkapan layar ke folder Foto laptop Anda, yaitu C:\Users[nama pengguna]\Pictures\Screenshots.

Menggunakan Tangkap dan Sketsa

Mengambil screenshot di laptop dengan Snip & Sketch sangat mudah. Cukup tekan tombol Windows + Shift + S. Setelah selesai, jendela baru akan muncul menampilkan layar yang telah Anda potret.

Untuk mengambil screenshot dari komputer Anda, cukup gerakkan kursor di atas tanda “+” dan letakkan di bagian layar laptop atau komputer yang ingin Anda ambil. Metode ini mirip dengan pemotongan gambar.

Warna bagian layar yang diambil terlalu pucat, dan jika sudah selesai akan muncul screenshot di pojok kanan bawah layar laptop atau komputer.

Lihat tangkapan layar di papan klip dan edit gambar dengan menambahkan atau menghapus bagian tertentu. Setelah selesai, klik ikon disk untuk menyimpan tangkapan layar dan pilih folder untuk menyimpannya.

Gunakan Alat Gunting

Sistem operasi Windows memiliki aplikasi sendiri yang disebut Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk mengambil screenshot dan membuat anotasi di komputer Anda.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mengaksesnya dari Cortana (Windows 10) atau membukanya dengan mengeklik Mulai dan mengetik Snipping Tool.

Setelah membuka aplikasi, klik “Buat” dan segera pilih area tangkapan layar yang dipilih. Setelah itu, Anda dapat langsung menyimpannya atau mengambil tangkapan layar lagi jika Anda tidak puas.

Diperkenalkan di Windows Vista, alat pemotong ini adalah cara termudah untuk menangkap dari laptop dan komputer.

Gunakan tombol Windows + G

Tangkapan layar laptop Anda juga dapat diambil dari Game Bar dengan menekan tombol Windows dan “G”. Klik tombol untuk membuka bilah permainan tempat Anda dapat memilih “Tangkap” untuk mengambil tangkapan layar laptop Anda.

Selain dapat mengambil screenshot dari laptop dan komputer, Game Bar juga dapat digunakan untuk perekaman layar dan live streaming saat bermain game.

Juga sangat mudah untuk mengambil screenshot layar laptop dan komputer Anda menggunakan metode ini. Tekan tombol Windows + G untuk membuka jendela baru. Pilih ikon kamera untuk mengambil tangkapan layar.

Tangkapan layar ditampilkan di jendela Galeri dan dapat dibuka dengan mengklik tombol “Buka lokasi file” di sudut kanan bawah.

Hal yang menarik dari metode ini adalah Anda tidak hanya dapat mengambil screenshot layar laptop dan komputer Anda, tetapi Anda juga dapat membagikannya di Twitter, menyimpannya ke clipboard, membuat meme, dan mengunggahnya ke Internet.

Alt+PrtSc. kunci

Screenshot ini bisa diambil di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Caranya hampir sama seperti sebelumnya. Cukup tekan Alt + Prt Sc.

Kemudian buka aplikasi Paint atau Microsoft Word dan rekatkan tangkapan layar yang diambil. Selain tombol lain, metode tangkapan layar ini berbeda dalam hasil.

Hanya jendela aktif yang dapat melihat perbedaan pada tangkapan layar yang diambil. Bilah tugas dan pengguna lain tidak dapat mengambil tangkapan layar.

Tombol Windows + Volume Turun

Metode ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows Surface. Mengambil tangkapan layar di perangkat ini sangat mudah karena Anda hanya perlu menekan tombol Windows bersama dengan tombol volume bawah.

Untuk menemukan tangkapan layar, Anda dapat menemukannya di folder Tangkapan Layar tempat gambar disimpan secara otomatis.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.